Jumat, 01 Januari 2010

Evolusi Komputer

Komputer yang sekarang kita kenal ini telah berevolusi dari generasi pertama yg menggunakan Vacuum Tubes, dilanjutkan oleh generasi kedua yang menggunakan Transistor-transistor, disusul oleh generasi ketiga yg menggantikan transistor dengan IC dan akhirnya digantikan oleh generasi terakhir yang menggunakan VLSI.

Komputer general-purpose yang paling pertama sekali, yang dikenal dengan nama ENIAC, belum dirancang dengan "stored program" sehingga untuk memprogram komputer ini, si programmer harus secara manual menghidupkan atau mematikan switch-switch tertentu yang jumlahnya begitu banyak. Pekerjaan programming ini menjadi begitu membosankan sehingga akhirnya muncul ide untuk menyimpan program di dalam memory bersama dengan data. Ide yang kemudian dikenal dengan "stored program" ini dipopulerkan oleh John von Neumann yang kemudian bersama rekan-rekannya mulai merancang IAS computer yang kemudian menjadi prototipe dari segala komputer general purpose.

General Purpose komputer mempunyai 4 komponen utama yaitu:
- Main memory: berfungsi untuk menyimpan data dan instruksi
- ALU (Arithmetic Logic Unit): digunakan untuk melakukan operasi aritmatika
- Control Unit: menginterpretasikan instruksi di memory dan menjalankannya
- I/O (input output): perangkat yang dioperasikan oleh control unit

Evolusi komputer dari generasi ke generasi terlihat jejaknya pada peningkatan kecepatan processor, pengurangan ukuran komponen, peningkatan kapasitas memory dan peningkatan kecepatan dan kapasitas I/O.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar